Packaging

Packaging atau pengemasan merupakan proses terakhir dari kegiatan produksi sebelu barang diangkut ke dalam container. Fungsi pengemasan ini mulai dari fungsi sebagai wadah, ukuran/ satuan sebagai pengaman, media informasi dan promosi perusahaan.
Permasalahan yang biasa terjadi di perusahaan, klaim yuang dilontarkan oleh buyer kepada perusahaan mengenai kerusakan barang, akan menyalahkan bagian pengemasan. Baik dari cara pengemasan, atau desain kemasan, buyer hanya menginginkan barang sampe tujuan tanpa cacat.
Pekerja packaging perlu dibekali pengetahuan mengenai prinsip-prinsip kayu, proses pengeringan dan pengecatan/ finishing.
Secara teori produk kayu yang dikemas dengan berlapis-lapis bahan kemasan dapat aman dari kerusakan. Namun perlu diketahui, dikarenakan kayu adalah materi hayati/ hidup, maka perlu diperhatikan beberapa aspek untuk menghindari adanya kerusakan atau timbulnya jamur saat produk sampai negara tujuan. Aspek-aspek itu meliputi sifat fisik dan anatomi kayu. Belum lagi bila produk kayu tersebut dikombinasikan dengan bahan lain dari kaca, leather, atau besi. Desain pengemasan pun seringkali perlu dibuat modifikasi dari desain produk kayu murni.
Selain desain kemasan produk, yang tak kalah penting menyangkut pengemasan adalah container. Container yang biasa digunakan dalam eksport hasil kayu adalah dry container. Kelembapan dalam container sangat berpengaruh terhadap produk. Resiko yang sering terjadi apabila tidak memperhatikan kelembapan container adalah produk berjamur. Selain kelembapan, perhitungan akan isi container juga harus diperhatikan sebagai upaya efisiensi. Tidak hanya bagaimana agar container dapat terisi penuh, tapi juga harus diperhatikan juga sisi keamanan produk. Apakah produk ditumpuk, berapa tumpukan dan bagaimana posisi tumpukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: